Seperti yang diketahui, pada 17 Agustus 2016 telah dirilis Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan untuk semua jenjang sekolah, mulai dasar hingga menengah.

Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan merupakan sistem yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pengambilan data mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Banyak Operator Dapodik yang belum memahami mengenai Aplikasi ini. Untuk itu kali ini kami jelaskan tentang Panduan Menjalankan Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan:

1. Download dan Install Aplikasi PMP dari web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

2. Buka aplikasi PMP dengan double klik shortcut di desktop, atau lewat browser http://localhost:1745/

3. Klik “Manajemen Pengguna”, kemudian klik “Salin Peserta Didik” dan klik “Salin PTK”, fungsinya agar data Siswa dan Data Guru yang akan mengisi Kuesioner bisa muncul di menu “Tukar Pengguna”

4. Silahkan isi Kuesioner, jawab pertanyaan kurang lebih 557 pertanyaan…

5. Untuk Target Responden PTK diminta 3 orang (mungkin berbeda-beda tiap sekolah tergantung jumlah PTK)

6. Untuk Target Responden Peserta Didik diminta 18 orang (mungkin berbeda-beda tiap sekolah tergantung jumlah siswa)

7. Untuk berganti PTK dan Peserta Didik yang menjawab responden, dengan klik menu “Tukar Pengguna”

8. Jika sudah selesai mengisi Responden, klik “Verifikasi dan Kirim Data”

Demikian Panduan Menjalankan Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan.
Semoga dapat bermanfaat.