Jawilan – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ikhlas Jawilan Tahun 2018 ini melaksanakan Ujian Berbasis Komputer atau computer based test (CBT) dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 yang dimulai Senin (19/3/2018 s/d 26/03/2018).
Ditemui Tim Warta Kepala SMK Ikhlas Jawilan, mengemukakan, “ini merupakan kali pertama sekolah kami melaksanakan USBN dengan CBT. Tapi kami tidak khawatir lantaran sudah terbiasa dengan pelaksanaan CBT untuk Ujian Nasional (UN).
Tahun ini kami memilih pelaksanaan USBN CBT ini dengan tujuan salah satunya untuk varietas soal yang lebih baik. Karena dari jumlah soal yang ada, walaupun soalnya sama, dapat teracak pada tiap-tiap komputer, sehingga kualitas proses penilaian akan lebih baik,” terang Kekpsek.
Selain itu, menurutnya dengan CBT, Efektifitas dan efesiansi proses evaluasi belajar lebih baik, serta meminimalisasi kecenderungan siswa untuk berbagi jawaban karena masing-masing siswa akan menghadapi varian soal yang berbeda.
Pelaksanan ujian diikuti 427 siswa dari 6 Kompetensi Keahlian yakni, Akuntansi ( AK), Manajemen Perkantoran (MP), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) teknik Otomotif (TKR) dan Asisten Perawat (ASPER).
“Pelaksanaan ujian dibagi dalam tiga sesi dengan menggunakan tiga lab (ruang) computer dalam 1 ruang ada 2 pengawas, 1 proktor dan 1 teknisi.” Ujar Jamaludin Perwakilan Teknisi USBN CBT.
dan untuk kelistrikan “insya Allah Aman”. tandas karyono.